Apple WWDC 2024: Kecerdasan Buatan Hadir Bertahap, iOS 18 Lebih Fleksibel

WWDC 2024, Apple Intelligence, iOS 18, iPadOS 18, macOS Sequoia, Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)


Cupertino-Konferensi Pengembang Apple Dunia (WWDC) 2024 yang baru saja digelar di Cupertino, Amerika Serikat, mengumumkan berbagai pembaruan menarik untuk lini sistem operasinya. Fokus utama iOS 18 adalah kustomisasi, sementara macOS Sequoia akhirnya menghadirkan fitur Pencerminan iPhone dan pengaturan jendela (window tiling) ke Mac. Di sisi lain, iPadOS 18 akhirnya membawa aplikasi Kalkulator ke iPad.

Selain fitur khusus tiap OS, iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia juga akan didukung oleh kecerdasan buatan (AI) yang diberi nama Apple Intelligence. Namun perlu dicatat, fitur AI saat ini belum tersedia di beta developer pertama, dan tampaknya beberapa fitur baru akan hadir di tahun 2025.

Dalam buletin Power On miliknya, Mark Gurman dari Bloomberg mengungkapkan bahwa Apple berencana meluncurkan AI secara bertahap, berbeda dari jadwal rilis mereka biasanya. Biasanya, fitur yang diumumkan di WWDC akan hadir di sistem operasi masing-masing pada musim gugur di tahun yang sama. Kali ini, Apple belum memberikan jadwal pasti untuk peluncuran fitur AI mereka dan menyatakan bahwa fitur tersebut tidak akan mengikuti jadwal rilis yang ketat.

Versi developer kemungkinan akan mendapatkan beberapa fitur bertenaga AI pada musim panas mendatang, sementara peluncuran publik di musim gugur dilaporkan hanya akan menjadi "pratinjau" untuk perangkat tertentu dalam bahasa Inggris Amerika. Menurut Gurman, pendekatan bertahap ini memiliki beberapa keuntungan. Ini akan memberi developer lebih banyak waktu untuk mengintegrasikan fitur AI raksasa teknologi ini ke dalam aplikasi mereka dan memberi karyawan Apple lebih banyak waktu untuk memoles aspek-aspek fitur AI.

Di sisi lain, Apple mengakui bahwa chatbot AI dapat mengalami halusinasi. Memulai dengan basis pengguna yang lebih kecil secara eksklusif dalam bahasa Inggris Amerika akan mencegah chatbot mereka menyebarkan informasi yang salah dan memberi Apple lebih banyak waktu untuk melatih model mereka dalam bahasa lain, memprioritaskan stabilitas dan kualitas fitur daripada kuantitas.

Apa yang bisa diharapkan?

Meskipun peluncurannya bertahap, pengguna dapat mencoba beberapa fitur AI dalam beta developer mendatang dan, pada akhirnya, dalam versi stabil di musim gugur nanti. Prioritas notifikasi kemungkinan akan tersedia dalam tahun ini, bersama dengan ringkasan untuk pesan, halaman web, memo suara, catatan rapat, dan email.

Alat penulisan ulang dan pemeriksaan mungkin juga akan segera tersedia, dipasangkan dengan fitur pembuatan gambar. Fitur yang lebih canggih, seperti kesadaran layar Siri, percakapan kontekstual, kontrol perangkat, dan lainnya, kemungkinan hanya akan tersedia pada tahun 2025. Untuk informasi lebih lanjut tentang rencana AI Apple, lihat buletin Power On milik Gurman.

LihatTutupKomentar
Cancel